Kegiatan

Pendidikan

Kegiatan rutin proses belajar mengajar (perkuliahan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian kerja Praktek tiap semester dan Ujian Tugas Akhir yiap semester).

Pendidikan Animasi dengan biaya Beasiswa Unggulan Animasi dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar negeri Depdiknas (sejak 2006, selama 8 semester).

Kegiatan Penunjang Mutu Akademik

Penyusunan Buku Ajar setiap tahun oleh beberapa orang dosen, disesuaikan dengan jumlah dana yang tersedia.

Meningkatkan mutu akademik, dengan menugaskan para dosen mengikuti pelatihan Pekerti, AA, Lokakarya kuliah teori dan praktek (P3AI), serta Semiloka kurikulum tingkat regional, maupun wilayah.

Mengadakan seminar fakultas setiap 4 bulan sekali, atau minimal satu kali setiap semester.

Seminar dengan pembicara tamu: (1) Paul Trinidad (University of Westren Australia) dengan topik Project From Australia; (2) Treechada Chotiratanapinun (University of London) dengan Topik Sustainable Product Design, Pebruari 2008.

Melaksanakan Pemilihan Dosen Berprestasi setiap Hari Pendidikan Nasional.

Diskusi Seni Rupa dengan pembicara tamu dari The University of Westren Australia, April 2008.

Melaksanakan/ mengikuti kegiatan pameran berskala lokal, regional, maupun internasional di dalam maupun luar negeri, seperti dalam rangka kegiatan SEAMEC pada Maret 2007, Pameran Pendidikan di Malaysia setiap tahun sejak 2007, Pameran Hibah Due-Like maupun B-Arts, Pameran dalam rangka FKI pada November 2007 dan Pameran kerjasama dengan di Museum Neka Ubud, Agustus 2008.

Kegiatan Penunjang (Kokurikuler)

Praktek Kerja Lapangan dan Praktikum di Bali (Kota Denpasar, Gianyar) dan di luar Bali (di Mataram, Lombok Barat, Agustus 2007).

Kegiatan Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia setiap dua tahun sekali (Tahun 2007 menjadi tuan rumah).

Kegiatan Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia setiap dua tahun sekali (Tahun 2007 menjadi tuan rumah).

Melaksanakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi setiap Hari Pendidikan Nasional.

Dua orang mahasiswa Prodi DKV, Made Arini Hanindarputri dan Wayan Ari Suardianti, berhasil mengikuti program pendidikan kursus singkat bahasa Inggris dengan beasiswa dari Indonesia America Language Studies Program (IALSP) pada akhir 2008 - pertengahan 2009, dilaksanakan di Oregon State University, Amerika Serikat.

Kerjasama

Kerjasama dengan Fak Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya sejak 2006.

Pameran bersama lewat jaringan Web dengan The University of Western Australia dengan thema: Seni dan Keseharian, pada Mei - Juni 2008.

Menerima kunjungan perguruan tinggi dari luar Bali: Fak Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya, Fak Seni Rupa dan Desain Universitas Tri Sakti Jakarta, UNM Malang, mahasiswa Program Doktoral UGM Yogyakarta.

Menerima kunjungan Kepala Bagian Penerimaan dan Kantor Internasional dari Goldsmiths Universiy of London (Pebruari 2009).

Penelitian

Penelitian dosen-dosen FSRD dilakukan berdasarkan beberapa sumber dana di LP2M ISI Denpasar, dengan kriteria: Dosen Muda, Kajian Wanita, Fundamental dan Hibah Bersaing. Salah satu judul Penelitian Dosen Muda adalah Studi Desain Interior Rumah Tinggal Tradisional Bali Aga, 2007.

Sebagian sumber dana penelitian ada berasal dari hibah Due-like sampai 2006, dan sumber dana B-Arts (2007, 2008, 2009).

Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depdiknas juga sempat memberikan dana penelitian (6), penciptaan karya seni (7) dan penulisan (1), lewat Beasiswa Unggulan, kepada beberapa orang dosen FSRD pada 2007.

Pengabdian kepada Masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dosen-dosen FSRD secara berkelompok, di bawah koordinasi dan dana yang ada di LP2M. Salah satunya adalah berupa kegiatan Meningkatkan Mutu Perencanaan Pembangunan Pura Puncak Natar di Desa Abangan Tegalalang, Gianyar 2007.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen, juga banyak dalam bentuk tugas sebagai juri-juri kegiatan lomba di berbagai instansi pemerintah, swasta, maupun kegiatan di masyarakat.