SIMULASI PROGRAM ACARA TELEVISI ISI DENPASAR

SIMULASI PROGRAM ACARA TELEVISI ISI DENPASAR

Kiriman: C. Ajengrona Yulintang (Mahasiswi Film dan TV ISI Denpasar)

Media televisi telah menjadi kebutuhan yang vital di setiap lapisan masyarakat. Berbagai program acara disiarkan setiap harinya dengan berbagai jenis konten yang menarik untuk menghibur dan mengedukasi masyarakat.

Guna menjawab tantangan global tersebut, Program Studi Film dan Televisi Institut Seni Indonesia Denpasar mengadakan praktek program acara televise, sebagai nilai utuk ujian tengah semester mata kuliah Produksi Tv I.

Jenis program acara yang dipilih adalah program variety show, yaitu program televisi yang mengandung nilai edukasi dan hiburan yang dipandu oleh seorang pembawa acara dan beberapa bintang tamu yang diundang untuk berbagi cerita dan pengetahuan sesuai tema dan musik sebagai pemanis.

Dalam kegiatan ini mahasiswa program studi Film dan Televisi angkatan 2013 dan angkatan 2014 berkolaborasi untuk membuat sebuah program acara televisi untuk melengkapi tugas ujian tengah semester selain itu juga bertujuan membangun keakraban dan melatih kemampuan bekerja sama di antara mahasiswa.

Kegiatan ini telah dipersiapkan selama dua bulan melalui tahap brain storming, desain program acara dan telah direalisasikan pada tanggal 15 April 2015 yang bertempat di Lingkar Art dan 19 April 2015 di gedung Natya Mandala Institut Seni Indonesia Denpasar.

Meskipun program studi televisi dan film adalah program studi yang dapat dikatakan baru terbentuk, namun kegiatan ini merupakan sebuah gebrakan semangat untuk kelanjutan program studi ini.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari teori yang kami berikan pada mahasiswa, minimal mereka punya pengalaman dan dapat menuangkan dari ide hingga aplikasi, sehingga mereka siap 'terbang'!" terang Drs. I Ketut Budha, M.Si Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Artistik Program Studi Film dan Televisi ISI Denpasar.

Realisasi dari mata kuliah produksi televisi dan tata artistik ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang siap dengan persaingan global.

Comments are closed.