MENGENAL KARAKTER, MENDALAMI DIRI (STUDI TELEVISI DAN FILM)

MENGENAL KARAKTER, MENDALAMI DIRI (STUDI TELEVISI DAN FILM)

Kiriman : Akar Narwastu

MENGENAL KARAKTER, MENDALAMI DIRI
(PRAKTIK KEAKTORAN DALAM KELAS PROGRAM STUDI TELEVISI DAN FILM)

Menggali potensi diri merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh remaja dalam masa kekinian. Halini dapat dilakukan dengan belajar peran dan menggali karakter melalui seni peran atau teater. Itulah mengapa paguyuban-paguyuban teater kini semakin menjamur dan menjaring generasi muda untuk andil dalam belajar menggali karakter.

Program Studi Film dan Televisi ISI Denpasar pun telah melakukan kegiatan olah peran selama satu semester yang berpuncak pada tanggal 9 Juni dan pada tanggal 16 Juni 2015, bertempat di gedung pasca sarjana Citta Kelangen, ISI Denpasar. Kegiatan ini memang merupakan sebuah latihan, yang dipakai untuk menuntaskan sebuah mata kuliah Dramaturgi I yang diampu oleh dosen Ni Wayan Suratni,S.Sn., M.Sn., dan Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A, sebuah mata kuliah berbasis pengembangan yang dilakukan oleh mahasiswa semester IV program studi Film dan Televisi ISI Denpasar. Namun usaha yang mereka tidaklah dapat dipandang sebelah mata. Selama satu semester mereka digodok untuk mampu mengucapkan dialog, memberi penekanan dalam kata dan bahasa, belajar berias dan belajar olah tubuh serta olah sukma. Tentu bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan oleh mereka yang cenderung tidak memiliki ketertarikan sebagai aktor.

Dengan adanya mata kuliah ini, mahasiswa dapat menggali potensi dan karakter yang ada dalam dirinya. Sehingga pada akhirnya dapat mengenal jati dirinya, menjadi aktor dalam karya atau menjadi pengarah (sutradara)  yang baik dalam pencapaiannya sebagai sineas nantinya.

Comments are closed.