FSRD ISI Denpasar Gelar Studi Ekskursi di P4TK Yogyakarta

FSRD ISI Denpasar Gelar Studi Ekskursi di P4TK Yogyakarta

Kiriman: Ketut Suwitra, S.E (Kasubag Akademik FSRD ISI Denpasar)

Yogyakarta- Guna meningkatkan output pendidikan yang bermutu, berdaya saing dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, Fakultas Seni Rupa dan desain (FSRD) ISI Denpasar mengadakan kegiatan studi ekskursi di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta. Kegiatan yang merupakan realisasi program kerja bidang kemahasiswaan ini digelar tanggal 15 September 2015. Selain itu tujuan dari studi ekskursi adalah untuk meningkatan kemampuan mahasiswa dalam bidang akademik serta menunjang Sistem Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tinggi. SKKM merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa sebagai prasyarat untuk, pengajuan proposal skrip karya dan karya seni serta penetapan Ujian Akhir.

Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia, A.A. Gde Bagus Udayana, S.Sn, M.Si. Dalam laporannya disampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang mengikuti studi ekskursi sebanyak 62 orang dan didampingi oleh 6 dosen pembimbing, serta 11 panitia. Jumlah tersebut terdiri dari Prodi Seni Murni sebanyak 23 orang, Kriya 7 orang, Fotografi 12 orang serta Desain Mode sebanyak 20 orang.

Sementara Dekan FSRD ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan studi ekskursi diharapkan dapat terus dilanjutkan agar mahasiswa dapat menambah wawasan dan meningkatkan kompetensinya baik secara akademis dan professional, serta mendukung kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor ISI Denpasar yang diwakili oleh Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Prof. Dr. I Nyoman Artayasa, M.Kes. Pembantu Rektor I mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah ISI Denpasar menjalin kerjasama dibidang pendidikan sebagai wujud komitmen pelaksanaan Mou dengan PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta, dan dikemudian hari kerjasama ini dapat terus dibina dan ditingkatkan lagi.

Sambutan hangat juga disampaikan oleh Kepala PPPPTK Seni Budaya Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Bidang Program dan Informasi Bapak Drs. Rahayu Windarto, MM. Pihaknya  menyambut baik dan merasa bahagia mendapat kehormatan atas kunjungan mahasiswa ISI Denpasar ke PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan seminar dan workshop. Seminar sehari mengambil tema “Semiotika Visual” dengan narasumber Dr. Sumbo Tinarbuko, MSn yang merupakan Dosen di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Seminar diikuti oleh 62 orang mahasiswa dan didampingi oleh dosen pembimbing. Para peserta sangat antusias mengikuti seminar, selain dibawakan dengan interaktif seminar tersebut menyajikan sajian ilmu yang memang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa.

Sementara itu kegiatan workshop juga menarik perhatian para mahasiswa. Dengan difasilitasi oleh para instruktur atau widyaswara dari PPPPTK Seni Budaya Yogyakarta, mahsiswa dibagi menjadi 3 kelompok worshop yaitu : mahasiswa Seni Murni dan Fotografi mengikuti workshop “Art Digital”, mahasiswa Kriya mengikuti workshop “Finishing Kayu” dan mahasiswa Desain Mode mengikuti workshop “Tenun dan Tapestri”.

Comments are closed.