BBB – FTV ISI DENPASAR : DIALOG HAKI KARYA SENI FILM

BBB – FTV ISI DENPASAR : DIALOG HAKI KARYA SENI FILM

Sumber : http://bbbtimes.com/Pendidikan/details/252/BBB-FTV-ISI-DENPASAR-DIALOG-HAKI-KARYA-SENI-FILM

Gianyar (BBBTimes) - Bentara Budaya Bali (BBB) bersama Jurusan Film dan Televisi (FTV) ISI Denpasar mengadakan dialog mengenai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) atau yang kini dikenal dengan istilah HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dalam karya seni, khususnya film.

"Upaya itu untuk pemahaman mengenai HKI yang merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada seseorang, sekelompok orang, atau lembaga guna memanfaatkan kekayaan intelektual yang dimiliki atau diciptakan," kata Program Organizing Offers BBB, Ni Wayan Idayati di Gianyar, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya mendorong hal itu agar memberikan manfaat yang optimal untuk menghindari pembajakan terhadap Hak Cipta (copyright).

Hal itu akan berdampak pada permasalahan  royalti, fenomena pembajakan karya seni khususnya film memungkinkan terjadi dengan  pesatnya perkembangan teknologi informasi melahirkan aneka produk termasuk garai berikut media sosial dan media online.

Sementara itu, ada pula istilah Term of Service yang kerap kali diterapkan oleh penyedia layanan media dalam produk mereka sebagaimana Youtube dan Vimeo.

Untuk itu, kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong lahirnya para kreator-kreator muda yang lintas bidang serta siap berkolaborasi untuk melahirkan buah cipta yang cemerlang. Selain kelas jurnalistik, fotografi, film, penulisan kreatif, diadakan juga lokakarya atau workshop menyangkut kuratorial serta manajemen produksi.

Pembicara "HAKI dalam Karya Seni" yakni Dr I Wayan Wiryawan, S.H., M.H & Tim Sentra HAKI Unud, serta I Dewa Ayu Diah Cempaka Dewi

Selain itu,  ada pula diskusi film dengan I Komang Arba Wirawan, S.Sn, M.Si. sekaligus  memutar enam karya Film pendek dengan tema "Rwa Bhineda"  yakni Nganten (Sri Redjeki Film), Lintang Ayu (Rhanada Film), Impas (Equila Film), Kiwa Tengen (RB Production), Baju Biru (Lau_Bajet Film) dan Dimana Sembadra (Cetas Film)

Comments are closed.